Kamis, 13 Oktober 2016

Wang So, The Fourth King Of Goryeo



“The Prince that remains living in Songak, there is only one. The one who will sit on the throne.”


Sudah lama saya tidak menonton drama Korea lagi sehingga tidak pernah tahu bagaimana perkembangannya. Salah satu teman saya tiba-tiba memberi rekomendasi satu drama berlatar belakang sejarah Korea, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Awalnya seperti biasa saya tidak terlalu menanggapi, tapi karena teman saya terus memaksa saya untuk menonton, akhirnya saya coba menonton dari episode 1 apalagi setelah tahu lead actor nya Lee Joon Ki yang memang sempat jadi favorit dulu. Begitu lihat episode 1 dan lihat karakter Joon Ki, wow...saya jadi tertarik dengan sosok Pangeran Keempat yang dia perankan. Apalagi setelah tahu karakter yang dia mainkan memang ada dalam sejarah asli dinasti Goryeo di Korea.



Tentang Wang So

Menurut sejarah, Wang So adalah putra kedua dari Raja Taejong dengan Ratu Shinmyeongsunseong (beuh...ribetnya). Kakaknya adalah Wang Yo yang diberi gelar Pangeran Ketiga dan adiknya adalah Wang Jung, Pangeran Ke-14. Wang So naik tahta di usia ke 25 sebagai raja keempat dan diberi gelar Gwangjong of Goryeo. Selama masa pemerintahannya, Wang So membawa banyak perubahan dalam hal politik dan ekonomi Goryeo, termasuk juga memberi kesempatan yang setara bagi rakyatnya untuk hidup makmur seperti halnya kaum bangsawan. Hal ini sebagai dampak dari dirinya menjadi saksi perebutan tahta diantara saudara-saudaranya. Kelemahan Wang So hanya satu, dia bisa kejam kepada lawan politik yang berseberangan paham dengannya. Wang So menjadi raja selama 24 tahun sebelum meninggal karena sakit di usia 51 tahun dan digantikan oleh putra tertuanya, Wang Ju, dan bergelar Gyeongjong of Goryeo.

Di serial Moon Lovers, Wang So digambarkan sebagai pangeran yang terbuang karena luka yang disebabkan oleh ibunya sendiri semasa kecil. Ia diasingkan di Shinju selama bertahun-tahun dan kembali ke Songak untuk mengikuti ritual hujan dimana semua pangeran harus ikut serta. Masa kecil yang kelam dan diperlakukan tidak semestinya membuat Wang So memiliki kepribadian yang tertutup dan membuat semua orang menjauhinya, termasuk semua saudara-saudaranya. Untuk menutupi bekas lukanya, Wang So selalu memakai topeng. Digambarkan pula dia sangat ahli dalam menggunakan pedang, berkuda, dan bela diri. 

Sepanjang serial kita akan disuguhkan bagaimana Wang So bertransformasi dari pribadi yang ditakuti menjadi seorang pangeran yang tidak lagi dipandang sebelah mata. Sebuah transformasi yang indah yang disuguhkan oleh akting menawan Lee Joon Ki.


Wang So di serial Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo yang diperankan oleh aktor senior, Lee Joon Ki.



Hae Soo

Hae Soo dan Wang So


 
Pertemuan dengan Hae Soo terjadi secara tidak sengaja ketika gadis itu hampir jatuh menghindari kuda yang dinaikinya. Tanpa dinyana, Wang So harus tinggal di rumah saudaranya, Pangeran Ke-8, karena belum meminta ijin kepada Raja untuk masuk istana, dimana Hae Soo merupakan sepupu istri Pangeran ke-8. Kepribadian Hae Soo yang ceria dan polos (karena sebenarnya dia adalah gadis berusia 20 tahun yang mengalami time travel  ke era Goryeo dan terjebak di tubuh gadis berusia 16 tahun) awalnya mengganggu Wang So sampai ketika suatu saat gadis itu dengan penuh simpati mengatakan kalau ia mengerti bagaimana perasaan sang pangeran ketika pulang bersimbah darah sehabis menghabisi para pembunuh bayaran. Sejak saat itu, Wang So dan Hae Soo menjalin pertemanan. Semakin sering ia berada di dekat Hae Soo, perlahan Wang So merasakan perubahan pada dirinya. Turning point adalah ketika Hae Soo membantu sang pangeran untuk bisa terbebas dari topeng yang selalu dia pakai, sebagai simbol dari lahirnya Wang So yang baru. Untuk pertama kalinya ia merasa diterima dan Hae Soo menjadi orang yang sangat ia percaya dan lindungi.

They forge a beautiful friendship


Awalnya karena rasa melindungi dan akhirnya menjadi cinta. Tidak terbiasa dengan perasaan seperti itu, Wang So cenderung terkesan agresif dan posesif dalam menyatakan perasaannya (mungkin sebagian orang menganggap ini romantis haha...). Dibalik kesan dingin dan acuhnya, Wang So sebenarnya pribadi yang rapuh dan kesepian. Hae Soo yang selalu memberi warna bagi hidupnya lama-lama membuat dirinya lebih percaya diri. Dia tahu Hae Soo mencintai orang lain, tapi dia membuktikan kata-katanya tidak akan melepaskan sang gadis begitu saja. Dengan gigih dan muka tembok, sang pangeran tetap memberikan perhatian dan rasa sayangnya kepada Hae Soo dengan caranya.  

A very playful Wang So

What will happen next?

Nah, ini juga yang sedang saya tunggu karena dramanya sendiri belum tamat. Episode terbaru memberi gambaran kalau Hae Soo sudah membalas cinta Wang So dan mereka sudah resmi menjadi pasangan. Bila merunut sejarah asli, Wang So hanya memiliki satu ratu dengan 5 anak. Satu istri yang lain adalah Lady Gyeonghwagung, putri dari Raja Hyejong yang merupakan keponakannya sendiri. Di serial memang sudah ada adegan ini dengan alasan untuk melindungi sang putri yang masih anak-anak. Setelah menikah, sang putri dibawa ke kuil di luar istana. Pertanyaannya siapakah yang akan menjadi Ratu mendampingi Wang So di serial bila merunut pada sejarah asli?



Banyak yang memberi bocoran serial ini tidak berakhir bahagia sama seperti versi Mandarinnya. Tapi, banyak juga yang yakin berakhir bahagia dengan Hae Soo sebagai Ratu mendampingi Wang So sebelum kembali ke masa depan setelah menyelesaikan ‘misi’nya menjadikan pangeran itu sebagai Raja karena di satu episode Wang So menyatakan dirinya mengerti Hae Soo tidak mau berbagi suami dan dia sangat menghormati hal itu. Yah, mari kita lihat saja bagaimana. Siap-siap baper hehe...



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar